Rumah Sakit Pasar Rebo: 8 Jenis Medical Check Up yang Wajib Diketahui


Jenis Medical Check Up yang Wajib Diketahui

Rumah Sakit Pasar Rebo  adalah salah satu rumah sakit di Jakarta yang banyak dijadikan sebagai rujukan oleh pasien untuk berobat, karena memang dari segi fasilitas yang ditawarkannya sendiri tergolong cukup mumpuni dengan banyak tenaga medis yang dipekerjakan disana, lokasinya juga strategis. Faktanya sendiri sebenarnya fasilitas atau pelayanan kesehatan yang ada di Indonesia sangatlah banyak. Hanya saja mungkin tidak semuanya sesuai dengan kebutuhan. Apalagi jika dilihat sendiri memang semakin lama berbagai jenis penyakit juga mudah menyerang manusia, termasuk diantaranya adalah penyakit-penyakit berbahaya atau serius.

Salah satu langkah untuk mencegah penyakit berbahaya bersarang di tubuh Anda diantaranya adalah dengan rutin melakukan pemeriksaan kesehatan atau istilahnya adalah medical checkup. Prosedur yang satu ini dilakukan di rumah sakit untuk mengetahui kondisi kesehatan setiap bagian tubuh, mulai dari tampilan secara fisik dan juga organ-organ bagian dalam, jika seandainya terjadi sesuatu yang tidak beres, maka nantinya bisa mulai dicegah sedini mungkin. Namun jika terdeteksi terdapat penyakit berbahaya maka pengobatan juga dapat dilakukan sedini mungkin sehingga hasilnya jauh lebih optimal.

Namun sebelumnya kenali terlebih dahulu beberapa jenis medical checkup berikut ini, yaitu:


  1. Pemeriksaan fisik, untuk jenis pemeriksaan yang satu ini biasanya yang paling utama adalah dengan melihat BMI. Membandingkan antara berat badan dan juga tinggi badan, apakah yang didapatkan hasilnya adalah terlalu kurus, ideal atau sebaliknya yaitu obesitas. Selain itu nantinya juga dapat dilakukan pemeriksaan lain seperti menghitung frekuensi atau denyut nasi, frekuensi napas, kulit dan juga organ genital.
  2. Pemeriksaan radiologi, jenis pemeriksaan yang satu ini mengandalkan sebuah alat yang nantinya bisa diketahui kondisi kesehatan organ di bagian dalam, karena digambarkan lewat tampilan foto, gambar maupun imaging dengan memanfaatkan sinar X atau radioaktif.
  3. Pemeriksaan alektrodiagram, dikenal juga dengan nama EKG, yaitu sebuah alat yang digunakan untuk memeriksa kondisi kesehatan jantung, diantaranya adalah dengan melihat aktivitas listrik dari jantung tersebut. Dalam batasan tertentu nantinya akan dapat diketahui jika seandainya terdapat peredaran darah yang tidak lancar atau tidak normal terjadi guna melihat kemungkinan penyakit jantung yang menyerang.
  4. Pemeriksaan laboratorium, jenisnya sendiri sangat banyak, mulai dari pemeriksaan hematologi atau darah, kemudian juga memeriksa urine dan juga dengan melihat tinja, nantinya sampel dari pasien inilah yang akan dibawa ke laboratorium untuk melihat resiko penyakit yang dialami.
  5. Pemeriksaan fungsi paru, ditujukan untuk melihat gangguan paru-paru yang mungkin saja terjadi. Tindakan yang dilakukannya sendiri adalah dengan mengukur volume paru-paru, kemudian juga melihat mekanisme dan difusi paru-paru. Normalnya untuk orang dewasa akan bernapas sekitar 16 hingga 20 kali di dalam satu menit.
  6. Pemeriksaan kolesterol, bagian yang tidak kalah penting karena nyatanya lemak jahat ini dapat memicu beragam jenis penyakit. Jika kadar kolesterol yang ada di dalam tubuh di atas 200 mg/dl maka bisa menyebabkan beragam jenis masalah kesehatan seperti jantung, bahkan juga bisa stroke dan hipertensi.
  7. Memeriksa gula darah, untuk mengetahui kemungkinan bagi seseorang terserang penyakit diabetes melitus atau gula darah, jika seandainya kadar gula darahnya terlalu tinggi. Umumnya sebelum melakukan pemeriksaan gula darah maka Anda dianjurkan berpuasa minimal 8 jam sebelumnya.
  8. Pemeriksaan organ vital perempuan, untuk mengetahui ancaman-ancaman penyakit berbahaya seperti kanker serviks.
Lakukan medical check up tersebut diantaranya ke rumah sakit berfasilitas lengkap seperti Rumah Sakit Pasar Rebo.