Berkendara Yang Aman Ketika Ekspresi Dominan Hujan Dan Banjir

BERKENDARA YANG AMAN KETIKA MUSIM HUJAN DAN BANJIR



Ketika berkendara pada dikala ekspresi dominan hujan niscaya akan mengganggu kita dalam berkendara, alasannya pandangan akan terganggu oleh air hujan dan jalan pun menjadi licin.
Kita harus extra hati - hati jikalau kita berkendara pada saat cuaca turun hujan, persiapan harus dipersiapkan, persiapan diri dan juga persiapan kendaraan supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan pada ketika berkendara.

Perhatikan kondisi rem, jika demam isu hujan atau pada saat hujan rem tidak akan bekerja secara maksimal alasannya adalah kondisi jalan yang licin dan terdapat air sehingga menciptakan rem tidak bekerja dengan maksimal.
Maka dari itu kalau kondisi jalan licin atau pada ketika turun hujan sebaiknya kita jangan melaju dengan kecepatan tinggi alasannya rem tidak bekerja dengan maksimal dan kendaraan beroda empat tidak akan bisa berhenti seketika.

Selain itu juga kita harus memperhatikan kondisi dan situasi jalan, apakah terdapat jalan yang rusak atau lubang.
Jika berkendara kita harus tetap fokus karena kalau kita tidak fokus, kita akan membahayakan diri kita sendiri dan juga orang lain.

Karena situasi dijalan kita tidak bisa memprediksinya, terkadang walaupun kita sudah hati - hati dan fokus belum tentu pengendara lain akan sama dengan kita.
Sebaiknya kita harus tetap jaga jarak kondusif dalam berkendara biar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Berikut tips berkendara yang kondusif pada saat cuaca turun hujan :
  • Tetap waspada dan perhatikan kendaraan
Nyalakan wiper dan lampu depan pada ketika cuaca sudah mulai gelap dan hujan lebat, nyalakan juga lampu kabut jikalau kendaraan anda sudah dilengkapi dengan lampu jenis ini.
  • Mengurangi kecepatan mencegah selip
Kurangi kecepatan kendaraan pada ketika melintasi genangan air untuk mengecilkan resiko terjadinya selip dan menambah jarak kondusif dengan kendaraan yang didepan.
  • Waspada dijalanan banjir
Jangan melintasi jalan yang sudah tergenang banjir lebih tinggi dari setengah ban kendaraan beroda empat, periksa juga sampai kedalaman berapa kendaraan anda bisa terendam oleh air.
  • Pastikan tekanan ban cukup
Periksa tekanan alur dan alur ban kendaraan beroda empat anda, tekanan yang terlalu keras akan mengurangi daya cengkraman terhadap permukaan jalan, sebaliknya kurangnya tekanan ban mobil akan mengakibatkan kendaraan beroda empat lebih gampang selip dijalanan berair.

Itulah tips berkendara ketika animo hujan, agar bermanfaat.