Cara Berkendara Yang Baik Dan Aman Dikala Banjir

CARA BERKENDARA YANG BAIK DAN AMAN KETIKA BANJIR




Sebagian tempat sering terjadi banjir apalagi jikalau sudah memasuki demam isu hujan niscaya tempat yang rawan banjir akan mengalami banjir, banjir yang menggenangi jalanan akan menyulitkan kita dalam berkendara sebab jalan tertutup air.

Jika kondisi jalan banjir maka kita harus tetap fokus dan ketahui situasi jalan, yakni kenali tempat mana yang terdapat lubang atau kanal air jangan sampai ban kendaraan kita masuk lubang atau kanal air yang cukup dalam sehingga akan menimbulkan kendaraan beroda empat kita terjeblos dan tidak mampu berjalan.

Jika kita berkendara pada ketika kondisi jalan banjir sebaiknya kita berkendara dengan kecepatan rendah saja alasannya adalah jikalau banjir kondisi jalan tidak akan terlihat dan jikalau kita berkendara pada ketika banjir dengan kecepatan tinggi maka akan membahayakan diri kita sendiri dan juga pengendara yang lain.

Jika kita berkendara pada ketika kondisi jalan banjir dan kita berkendara dengan kecepatan tinggi maka air banjir akan masuk kepada komponen yang lemah jikalau terkena air maka akan menyebabkan mobil anda mati atau mogok.

Jika kita berkendara pada ketika kondisi jalan banjir kita harus tetap fokus dan kenali situasi jalan.
Jika kita berkendara pada saat banjir niscaya kendaraan sering ada yang mati / mogok alasannya ada komponen yang terkena air banjir.

Berikut adalah tips berkendara dikala banjir :

Perkirakan ketinggian air yang akan dilewati tidak melebihi roda kendaraan [Sedan kurang lebih 70cm, non sedan kurang lebih 85cm].
Jangan mengambil jalan terlalu kekiri atau kekanan [untuk menghindari lubang / parit yang tertutup air].
Kemudikan kendaraan pelan - pelan dan stabil dengan gigi rendah, Rekomendasi : A/T - posisi L ; M/T - gigi 1.
Memacu kendaraan terlalu cepat mampu menyebabkan gelombang air lebih besar dan masuk kedalam corong saringan udara serta mampu menawarkan tekanan air berlebih pada komponen kendaraan bab depan, sehingga merusak komponen berbahan plastik seperti fog lamp, fan radiator dan lain sebagainya.
Jangan melewati genangan air yang mengalir deras sebab kendaraan anda mampu terbawa arus
Hindari jalan yang tertutup tanah / lumpur sisa banjir sebab jalanan akan menjadi licin.
Namun yang terpenting adalah sebisa mungkin hindari berkendara melewati tempat banjir.

Itulah tips berkendara saat banjir, supaya bermanfaat.