Tips Dan Trik Dalam Mengendarai Sepeda Motor Semoga Tertib Dan Selamat

TIPS DAN TRIK DALAM MENGENDARAI SEPEDA MOTOR AGAR TERTIB DAN SELAMAT



Jika kita ingin berkendara dengan selamat dan tertib, kita harus memahami peraturan yang ada dan juga kita harus mengecek perlengkapan yang akan digunakan / sepeda motor apakah sudah siap untuk digunakan.

Jangan hingga sepeda motor yang kita pakai mati / mogok ditengah jalan dan membahayakan diri kita sendiri dan juga orang lain.
Kita harus mempersiapkan segalanya, apalagi bila kita berpergian jauh agar tidak merepotkan dijalan.

Jika kita ingin bepergian jauh sebaiknya periksa dulu kondisi sepeda motor kita semoga dalam perjalannan tidak ada hambatan apapun dan perjalanan kita lancar.

Terlebih untuk kendaraan yang sudah bau tanah atau cukup usang pemakaiannya, sebaiknya diperiksa untuk diservice dibengkel terlebih dahulu semoga kita dapat mengetahui dengan detail dan tepat untuk kondisi sepeda motor kita.

Jika terdapat komponen yang penting kondisinya sudah tidak layak pakai sebaiknya untuk diganti dengan yang gres dan jikalau tidak diganti sebaiknya konfirmasi terlebih dahulu kepada montir bengkel kira - kira komponennya masih mampu digunakan atau tidak untuk bepergian jarak jauh, jika tidak sebaiknya diganti saja.

Gantilah oli sebelum bepergian jauh alasannya oli ialah sebagai pelumas mesin supaya menjadi dingin, kalau kita mengganti oli pada saat akan berangkat bepergian jauh selain berguna untuk melumasi mesin biar stabil dan tetap hambar manfaat lainnya juga akan didapat ialah kerja mesin akan optimal dan stabil.

Namun kalau oli mesin anda gres saja diganti maka sebaiknya tidak untuk menggantinya karena akan mengakibatkan pemborosan.
Jika kita akan bepergian jauh selain kita mengecek dan memperhatikan kondisi motor kita juga harus memperhatikan keselamatan dan ketertiban dalam berkendara.

Gunakan helm sni [standar indonesia], perhatikan rambu lalu lintas, patuhi marka jalan, menggunakan jaket dan membawa jas hujan.
Karena bila kita akan bepergian jauh kita harus mempersiapkan segala sesuatunya biar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan dalam perjalanan.

berikut beberapa tips benrkendara untuk keselamatan dan ketertiban :
  • Cek kendaraan :Rem berfungsi, kaca spion lengkap, Lampu utama dan sein nyala / berfungsi, Tekanan angin ban depan dan belakang cukup, Lampu ren dan sein nyala / berfungsi.
  • Gunakan helm berstandar SNI
  • Menggunakan jaket atau baju yang cerah sebaiknya
  • Maksimal 2 orang [beban yang dimuat jangan sampai lebih], alasannya sepeda motor hanya dipakai maksimal untuk 2 orang.
  • Membawa STNK dan SIM
  • Patuhi rambu lalu lintas
Itulah beberapa tips yang harus diperhatikan semoga terciptanya keselamatan dan ketertiban dalam berkendara. Semoga bermanfaat.